10
TEORI KOMUNIKASI TENTANG PUBLIC RELATIONS
1 TEORI PERSENTASI DIRI
Erving Goffman adalah sosiologi
terkenal abad 20 yang menggambarkan kehidupan sebagai perumpamaan pentas
pertunjukan drama (theatrical), jika
anda berada pada suatu situasi maka anda sebenarnya tengah melakukan
pertunjukan. Anda harus memutuskan bagaimana anda menempatkan diri anda, apa
yang harus sikatakan dan bagaimana bertindak.
Goffman memulai teorinya dengan
asumsi bahwa manusia harus berupaya memahami setiap peristiwa atau situasi yang
tengah dihadapinya.
2
TEORI PANDANGAN
Teori pandangan memberikan perhatian
pada bagaimana kondisi atau keadaan hidup individu memengaruhi , bagaimana
individu itu memahami dan mengonstruksikan masyarakat sekitarnya (social world). Teori pandangan ini
sangat memerhatikan berbagai perbedaan atau variasi komunikasi yang terjadi
antara individu dengan memahami berbagai pandangan yang dibawa individu
bersangkutan ketika ia berkomunikasi serta bagaimana ia menerapkan pandangan
tersebut dalam kehidupan nyata.
3
TEORI TINDAKAN BICARA
Jika anda membuat janji kepada
seseorang maka anda menyampaikan suatu maksud mengenai sesuatu yang akan anda
lakukan di waktu yang akan datang, tetapi yang lebih penting, anda mengharapkan
orang yang anda janjikan itu mengetahui apa yang anda inginkan.
Tindakan ilokusioner adalah suatu
tindakan yang dilakukan pembicara dengan fokus utama agar lawan bicara memahami
maksud dan tujuan pembicara. Tindakan perlokusioner adalah suatu tindakan yang
dilakukan pembicara yang mengharapkan lawan bicaranya tidak hanya memahami
maksud dan tujuan pembicara, tetapi melakukan tindakan atau berindak. Teori
bicara ini mengidentifikasi apa yang harus dilakukan untuk membuat pernyataan
yang sukses dan bagaimana agar maksud kita dapat dipahami.
4
TEORI KUMPULAN TINDAKAN
Teori ini memberikan perhatian pada
bagaimana individu sebagai komunikator mengelola pesan yang hendak
disampaikannya. Berbagai riset dan teori yang berada dalam tradisi ini
cenderung berorientasi yang menjelaskan bagaimana manusia mengintegrasikan
informasi dan merencanakan pesan. Kumpulan tindakan membutuhkan waktu dan upaya
untuk melaksanakannya. Berfikir adalah kerja. Semakin kompleks tugas kumpulan
tindakan semakin banyak waktu dan tenaga yang diperlukan.
5
TEORI RENCANA
Teori rencana menjelaskan proses
yang dilalui seseorang dalam merencanakan perilaku komunikasi mereka,. Dengan
kata lain rencana adalah gambaran mental (mental
images) dari sejumlah langkah yang akan ditempuh seseorang untuk mencapai
suatu tujuan. Teori rencana menyatakan bahwa semakin banyak pengetahuan yang
anda miliki, maka akan semakin kompleks rencana yang anda buat.
6 TEORI KONVERGENSI SIMBOLIS
Teori ini mengemukakan bahwa
gambaran (image) individu terhadap
realitas dipandu atau di bimbing oleh cerita-cerita yang menunjukan bagaimana
suatu objek harus dipercaya. Cerita-cerita tersebut tercipta melalui interaksi
simbolis didalam kelompok-kelompok kecil, dan kemudian disebar luaskan dari
satu orang kepada orang lainnya dan dari satu kelompok ke kelompok lainnya.
7
TEORI ATURAN PERCAKAPAN
Paul Grice mengemukakan seperangkat
asumsi umum yang harus dimiliki setiap percakapan untuk dapat menghasilkan
percakapan yang koeran yaitu percakapan logis dan mudah dimengerti. Pertama
adalah prinsip kerja sama (cooperative
principle) yang menuntut peserta percakapan memberikan kontribusinya. Kerja
sama dalam percakapan dapat dicapai melalui empat aturan yaitu;
1
Perkataan berkuantitas
2
Perkataan berkualitas
3
Perkataan relevan
4
Perkataan berperilaku
Kontribusi peserta pada suatu
percakapan harus memberikan informasi yang cukup dan tidak berlebihan.
8
TEORI NEGOISASI WAJAH
Wajah didefinisikan sebagai image
diri seseorang dimata orang lain , dalam hal ini image dapat siartikan sebagai
citra diri atau gambaran diri sesorang dimata orang lain, image diri mencangkup
perasaan menghormati, kehormatan, status, hubungan dan kesetiaan.
9
TEORI FUNGSIONAL
Teori fungsional komunikasi kelompok
memandang proses sebagai instrumen yang digunakan kelompok untuk mengambil
keputusan, komunikasi adalah alat untuk menyampaikan informasi, komunikasi
adalah cara anggota kelompok menjelajahi dan mengenal kesalahan dalam
pemikiran, dan komunikasi juga berfungsi sebagai alat persuasi. Menurut Dewey,
proses pemecahan masalah dalam kelompok terdiri dari enam langkah yaitu:
1
Pernyataan kesulitan
2
Penentuan masalah
3
Analisis masalah
4
Saran penyelesaian
5
Membandingkan alternatif dan pengujian alternatif terhadap seperangkat tujuan
atau kriteria
6
Melaksanakan solusi terbaik
10
TEORI DEMOKRASI ORGANISASI
Suatu
teori yang menjelaskan cara-cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk
menjamin, tidak saja keberhasilan kinerja keuangan perusahaan tetapi juga,
peningkatan demokrasi dalam perusahaan melalui keterwakilan semua kepentingan
individu dalam organisasi yang sering kali tidak semata-mata bersifat ekonomi
Best Casinos Near Minneapolis, MN - Mapyro
BalasHapusCasino hotels. Casino 시흥 출장샵 hotels is located near Minneapolis. It also has a casino, resort, spa 보령 출장샵 and spa on site. 거제 출장안마 It also has a 목포 출장샵 restaurant, a 전라남도 출장마사지 bar and a fitness center.